Kucing Emas Langka Mirip Harimau Masuk Perangkap Babi Milik Warga

https: img.okeinfo.net content 2020 06 16 340 2231243 kucing-emas-langka-mirip-harimau-masuk-perangkap-babi-milik-warga-5JGIJAcRoX.jfif

AGAM – Seekor satwa langka jenis kucing emas (Catopuma Temminckii) mengejutkan warga di Sungai Daerah, Nagari Pauh, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Pasalnya, kucing langka ini terjerat di penjerat babi milik warga.

Kepala BKSDA Resort Bukitinggi, Veraciko mengatakan penemuan kucing emas tersebut terjerat perangkap babi pada dini hari tadi dan baru diketahui warga siang hari.

“Saat kami merima laporan laporan dari warga kami bersama tim langsung ke lokasi untuk mengevakuasi kucing langka tersebut,” ungkap Veraciko, Selasa (16/6/2020)

Saat dievakuasi, kucing itu mengalami luka di kakinya akibat jertan. Untuk menyembuhkan kucing tersebut dibawa ke Taman Marga Satwa Budaya dan Kinantan (TMSBK) kota Bukittinggi.

“Kucing emas yang diperkirakan berusia 4 tahun dan jenis kelamin jantan dan dibawa ke TMSBK Bukittinggi untuk diobati hingga sehat. Sekarang kami sedang menunggu petunjuk dan arahan dari pimpinan,” tuturnya.

Kucing emas tersebut memiliki tubuhnya loreng mirip seperti harimau. Spesies ini masih satu famili dengan harimau, yaitu Felidae. Kucing emas merupakan salah satu kucing hutan da ada 9 jenis kucing hutan, antara lain harimau, macan tutul, macan dahan, dan kucing emas. Untuk kucing emas, ukurannya sedikit lebih kecil dibanding macan dahan dan lebih besar dibanding kucing kampung.

Kucing emas adalah hewan liar yang bisa berburu. Jika keberadaannya terusik atau terganggu, sangat mungkin kucing dapat menyerang. Lembaga internasional untuk konservaasi alam atau IUCN menyatakan bahwa kucing emas statusnya Near Threatened atau rentan punah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.