Hari Ini, Selasa (18/8) Pengumuman Kelulusan Simak UI Pukul 13.00 WIB Bisa Dilihat dari Link Ini

tribunnews

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Hari ini, Selasa (18/8/2020) Universitas Indonesia akan umumkan kelulusan ujian masuk lewat Simak UI pada pukul 13.00 WIB.

Tagar Simak UI di twitter pada pagi ini menjadi trending, tak sedikit warga net berharap bisa lulus untuk bisa kuliah di Universitas Indonesia.

Simak-UI (Seleksi Masuk UI) adalah ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan UI bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI.

Sekitar 3.828 peserta SIMAK UI akan diterima sebagai mahasiswa baru UI tahun 2020. Dari jumlah tersebut, 2.744 akan masuk program S-1 Reguler, 674 masuk program S-1 Paralel, dan 410 lainnya masuk Program Vokasi

Program pendidikan yang dibuka pada Simak UI mulai dari Program Vokasi (D3), Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Sarjana Ekstensi/Paralel untuk lulusan D3, Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor.

Sedangkan ujian Simak Sarjana Kelas Internasional diselenggarakan pada waktu yang berbeda.

Seleksi masuk UI terpadu untuk berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI.

Mahasiswa yang diterima melalui jalur Simak UI membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor.

Biaya pendidikan ditetapkan berdasar program pendidikan, bukan berdasar jalur masuk. Perbedaan biaya pendidikan antar program pendidikan secara umum adalah, biaya pendidikan S1 Reguler bebas uang pangkal sedangkan Vokasi (D3), S1 Paralel dan S1 Kelas Internasional dibebankan uang pangkal pada saat pertama kali diterima.

Perlu diketahui ujian Simak UI ini sudah dilaksanakan pada tanggal 5 Agustus 2020.

Anda bisa melihat pengumumannya LINK INI

Jalur masuk UI

Penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia jenjang D3 dan S1 terdiri dari beberapa jalur masuk.

Setiap jalur masuk merupakan kegiatan seleksi yang akan menyaring peserta terbaik untuk menjadi mahasiswa UI. Jalur masuk jenjang D3 dan S1 tahun 2020, yakni:

A. Jalur Prestasi Akademik

Jalur ini dikenal dengan jalur undangan, mengingat awal mulanya penerimaan ini berdasarkan undangan yang dikirim ke sekolah-sekolah.

Dengan tingginya antusias sekolah dan siswa mengikuti penerimaan berbasis seleksi nilai rapor ini, jalur undangan mengalami perkembangan.

Pada S1 Reguler, Kemdikbud melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) membuka kesempatan untuk seluruh sekolah kurikulum nasional mengikuti jalur ini dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam kegiatan bernama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Penggunaan undangan ditiadakan, karena sekolah yang memiliki NPSN dan memenuhi syarat SNMPTN dapat mengisi data tanpa perlu mendapat undangan.

• Ini Jadwal Ujian Tulis Mandiri IPB University, Mulai Materi Ujian Sampai Pengumuman Lulus

tribunnews
Sejumlah Peserta tengah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta Timur, Minggu (5/7/2020). (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

Program pendidikan di UI yang menampung lulusan SMA/Sederajat tidak hanya S1 Reguler, ada pula Program Vokasi, S1 Paralel dan S1 Kelas Internasional. Program pendidikan tersebut juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi rapor untuk siswa kelas 12 SMA/Sederajat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shares