Film 1917: Drama Aksi Heroik Mengarungi Peperangan Dunia I

FILM – Film 1917 mengisahkan perang dunia pertama yang meledak di belahan utara Prancis. Jerman yang kala itu berhasil mematahkan serangan Inggris dan sekutunya berhasil dipukul mundur oleh Inggris Pada 6 April 1917.

Namun Jenderal Erinmore (Colin) mengutus dua prajurit, yakni Will Schofield (George) dan Tom Blake (Dean) untuk membawa sepucuk surat kepada Kolonel Mackenzie (Benedict) yang berada di garda depan.

Isinya perintah untuk membatalkan serangan. Erinmore yakin, menyerang Jerman berpotensi mengorbankan 1.600 prajurit termasuk kakak Tom, Joseph Blake (Richard).

Permasalahan pun muncul, ketika perjalanan dari markas Erinmore ke pos Mackenzie yang memimpin Batalyon Kedua Resimen Devon harus melintasi dataran berisi bangkai manusia dan ratusan kuda tempur serta melewati markas tantara Jerman yang tak berpenghuni.

Dikutip dari Liputan6, film 1971 yang penuh dengan nuansa Heroik ini telah menggondol 2 piala Golden Globe untuk Penyutradaraan dan film drama terbaik mengalahkan nominasi lain seperti The Irishman, Joker, Marriage Story, dan The Two Popes.

Tak hanya itu, Film 1917 juga dianugerahi 9 nominasi BAFTA dan 10 nominasi Oscar. Belum lagi, Minggu 19 Januari 2020 kemarin, film 1917 telah memenangkan Producers Guild of America Awards 2020 atau PGA Awards 2020 kategori Film Terbaik.

Film 1917 dibuat sebagai penghormatan untuk sang sutradara, yakni Alfred H. Mendes yang terlibat langsung pada Perang Dunia I. Cerita Alfred dikembangkan menjadi naskah yang ditulis oleh Sam Mendes dan Krysty Wilson-Cairns.

Sang sutradara sekaligus produser, Sam Mendes, ingin menggambarkan salah satu dari sekian banyak cerita perang dan dampak yang dirasakan para pelaku perang.

Film 1917, merupakan karya terbaik Sam Mendes di samping American Beauty, Revolutionary Road, dan tentu saja Skyfall yang membuat James Bond tampak sangat elegan.

Kalian bakal kehilangan momen jika melewatkan film syarat makna ini di bioskop-bioskop kesayangan. Hal paling memukau, kalian seolah akan diajak menjadi bagian dalam perjalanan mengirim pesan di belantara perang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.