Cara Merawat Laptop Bekas Agar Cepat Laku Saat Dijual

Cara Merawat Laptop Bekas Agar Cepat Laku Saat Dijual

Cara Merawat Laptop Bekas Agar Cepat Laku Saat Dijual

Anda ingin menjual laptop lama karena ingin menggantinya dengan gawai baru? Gadget bekas masih cukup laku dan ada peminatnya. Jual saja di tempat jual laptop seperti marketplace atau media sosial Anda, keuntungannya lumayan untuk menambah dana saat akan membeli gawai baru. Ini beberapa cara merawat laptop bekas agar nanti lekas laku.

  1. Bersihkan Dengan Tisu Basah

Cara praktis membersihkan bagian luar laptop adalah mengelapnya dengan tisu basah. Debu-debu terangkat dan gawai terlihat seperti baru lagi. Jika tidak ada tisu basah, maka pakailah kain yang lembut dan celupkan sebentar saja pada air dingin. Jangan terlalu banyak airnya, karena barang elektronik seperti laptop rawan jika kena air.

  1. Bersihkan Juga Sela-Sela Tuts Keyboard

Bagian antara satu huruf di tuts keyboard dengan yang lain juga harus dibersihkan. Pakailah cotton bud yang telah dicelup ke sedikit air. Jika ada kotoran yang bandel, congkel dengan tusuk gigi, namun lakukan dengan hati-hati. Sebelum membawa gawai ke tempat jual laptop bekas untuk dijual, maka bagian dalam dan luarnya harus bersih.

  1. Bersihkan Juga Chargernya

Kabel charger juga wajib dibersihkan dengan tisu basah atau kain yang lembut, lalu keringkan dengan hati-hati. Gulung kabel dengan rapi agar tidak kusut dan membuat Anda mudah saat akan memakainya kembali. Jika akan menjual laptop, pastikan kabel charger masih berfungsi dan original mereknya.

  1. Jangan Pakai Hingga Dayanya Habis

Laptop bisa dipakai tanpa charger selama beberapa jam, tapi ketika dayanya sudah 20%, segera ambil kabel charger untuk mengisinya. Jangan nyalakan gawai hingga daya baterainya habis sama sekali, karena akan membuatnya lekas rusak. Apalagi sekarang laptop memakai baterai tanam, sehingga jika rusak akan susah saat menggantinya.

Sebelum menjual gawai di tempat jual laptop second, pastikan sudah dalam keadaan bersih tanpa debu sedikitpun. Chargernya juga tergulung rapi dan mereknya asli. Rawatlah laptop dengan hati-hati, agar harga jualnya tidak jatuh terlalu parah.

Dari 4 tips merawat laptop di atas, mana yang paling disuka?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.