fbpx

Antisipasi Demo Jokowi End Game, Jalan Sekitar Monas Ditutup

Polisi menutup beberapa akses jalan di sekitar Monas dan Harmoni dengan barier, mengantisipasi demonstrasi 'Jokowi End Game' yang rencananya digelar hari ini.

Jakarta, CNN Indonesia — Pihak kepolisian menutup beberapa akses jalan di sekitar Monumen Nasional dan Harmoni dengan pembatas beton atau barier guna mengantisipasi aksi demonstrasi bertajuk ‘Jokowi End Game’ yang rencananya akan digelar hari ini, Sabtu (24/7).
Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com sekitar pukul 08.30 WIB, Jalan Medan Merdeka Barat dan Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, sudah ditutup barier.

Selain itu, terdapat pagar kawat berduri tampak disiagakan di lokasi tersebut, meski belum terpasang.

Beranjak ke sekitar perempatan Harmoni, kepolisian juga sudah menutup ruas jalan Majapahit menuju arah Glodok dengan beton pembatas. Pagar kawat berduri juga tampak disiagakan di lokasi tersebut meski belum terpasang.

Wagub DKI soal Demo Jokowi End Game: Tak Boleh Ada Kerumunan
Tak hanya itu, personel kepolisian dari Brimob dan pelbagai jenis kendaraan taktis juga sudah disiagakan di lokasi-lokasi tersebut. Tampak belasan kendaraan taktis seperti Baracuda, Mobil Pengurai Massa, hingga Water Canon sudah bersiaga.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo, mengakui bahwa penutupan ruas tersebut untuk mengantisipasi aksi demo hari ini.

Meski demikian, ia menyatakan penutupan ruas jalan di sekitar Monas dan Harmoni sifatnya situasional.
“Penutupan situasional, melihat perkembangan eskalasi di lapangan,” kata Sambodo saat dihubungi wartawan.
Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, melarang masyarakat untuk turun menggelar demo Jokowi End Game yang rencananya digelar hari ini untuk menghindari klaster penularan Covid-19.

Lebih lanjut, Yusri juga mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya masih belum menerima surat pemberitahuan terkait rencana demo Jokowi End Game.
“Belum ada. Tidak ada sampai sekarang,” ujarnya.
Meski demikian, Polda Metro Jaya menyatakan bahwa 3.385 personel gabungan sudah dikerahkan untuk melakukan pengamanan.
Seruan aksi Jokowi End Game itu sempat beredar di media sosial. Aksi turun ke jalan tersebut rencananya akan digelar di sekitar Istana Negara, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shares